Kamis, 15 November 2012

Sejarah Internet


          SEJARAH INTERNET

A.      SEJARAH INTERNET DUNIA
Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek DARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project  Agency  Network), proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Proyek ARPANET menghubungkan empat universitas di Amerika Serikat yang meliputi :
1.      University of California, Los Angeles(UCLA)
2.      Stanford Research Institute (SRI)
3.      University of Utah
4.      University of California, Santa Barbara
Tujuan utama dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer dan pendidikan.

B.      SEJARAH INTERNET INDONESIA

Sejarah internet Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an. Saat itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai Paguyuban Network. M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo adalah sejumlah nama legendaris diawal pembangunan internet di Indonesia ( tahun 1992 hingga 1994). Masing-masing telah menyumbangkan keahlian dalam membangun jaringan komputer dan internet di Indonesia.

C.      INTERNET (INTERCONNECTED NETWORK)

Internet (Interconnected Network) adalah sebuah system komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan computer di seluruh dunia.
Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung kebeberapa jalur utama yang disebut internet Backbone.


Internet dapat dikatakan juga sebagai media dengan informasi tanpa batas yang popular dengan sebutan Cyberspace. Internet bias memberikan informasi yang sifatnya mendidik, positif dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia tapi juga bisa dijadikan sebagai tempat kejelekan dan kemaksiatan. Hanya etika, moral, dan keimanan yang dapat menentukan batas-batasnya yang disebut netique.

D.     MANFAAT INTERNET

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari yang tersedia di internet :
a.      Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby
b.      Informasi untuk kehidupan pekerja : sains, teknologi, perdagangan dll

E.      ISTILAH INTERNET BERDASARKAN FUNGSI
a.      Global Information dan Communication Acces
èKeterhubungan komputer dengan jutaan komputer di seluruh dunia.
b.      World Library
èPustaka dunia tanpa batas.
c.       Instant knowledge Acces
èAkses informasi dan pengetahuan yang tidak lagi dibatasi pengajar, ruang dan waktu.
d.      Learning by Interesting
e.      Bring the world to your house
è Jendela menuju dunia

F.       SEJARAH WORLD WIDE WEB (WWW)
World Wide Web adalah sebuah media informasi global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang tersambung ke internet. Istilah Web sering diidentikan sebagai internet itu sendiri, meskipun sebenarnya Web merupakan salah satu jasa yang beroperasi di atas internet seperti halnya email. Sejarah internet terjadi jauh sebelum Web dikembangkan. Sejarah Web dimulai pada tahun 1980, ketika seorang inggris bernama Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN (Badan Tenaga Atom Eropa) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software. Berners-lee juga memperkenalkan konsep hypertext, di mana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE tersambung secara langsung ke halaman yang ada.

G.     WEB BROWSER
Web Browser adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, music dan berbagai informasilainnya yang terdapat pada halaman web di sebuah situs di internet atau di jaringan local.

H.     URL DAN HOMEPAGE
Pada dasarnya ada beberapa pola dasar pengalaman di internet, yaitu untuk keperluan Web dan e-mail atau telepon internet. Untuk keperluan Web, alamat internet sering disebut URL (Uniform Resource Locator)dan biasanya ditulis dalam susunan :
Protokol://domain/direktori/file
Contoh URL :

I.        HYPERTEXT DAN HTML
Hypertext ( HTML ) adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language. HTML merupakan halaman yang berada pada suatu situs internet atau web. Jadi, suatu situs terdiri atas beberapa halaman HTML atau Web page.

J.        DOMAIN
Agar komunikasi dapat dilakukan dengan semua komputer di dunia, setiap computer di jaringan internet mempunyai nomor , seperti halnya telepon. Nomor tersebut harus unik dan ditulis dalam format empat kumpulan angka, misalnya  202.123.41.52 nomor ini biasa dikenal dengan sebutan alamat IP.

K.      PERANGKAT KERAS KOMPUTER UNTUK MENGAKSES INTERNET
Secara umum ada 2 macam cara untuk dapat tersambung ke internet, yaitu melalui sambungan perorangan dan melalui sambungan perkantoran. Sambungan perorangan biasanya digunakan dirumah atau kantor menggunakan satu buah computer saja. Sambungan perkantoran atau kampus biasanya berupa sekumpulan computer yang terkait dalam sebuah jaringan local yang tersambung pada kecepatan tinggi ke internet.
Dari sisi peralatan, konfigurasi sambungan tersebut adalah sebagai berikut :
a.      Computer - modem - internet
b.       Banyak computer – router – modem - internet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar