Kamis, 15 November 2012

Contoh Pidato


                       MARI MENJAGA KEBERSIHAN
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu dan selamat pagi untuk yang non-muslim. Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 2 Prabumulih, yang terhormat wakil kepala sekolah SMA Negeri 2 Prabumulih, yang terhormat Bapak Ibu guru beserta staf TU SMA Negeri 2 Prabumulih serta teman-teman yang saya sayangi. Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat-Nya kita diberikan kesehatan untuk dapat berkumpul di SMA Negeri 2 Prabumulih ini dan tak lupa pula salawat dan salam selalu kita panjatkan kepada nabi besar junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga kita selalu menjadi pengikutnya beserta sahabat dan kerabatnya sampai dengan akhir zaman.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kebersihan lingkungan kita. Kebersihan lingkungan sangatlah penting bagi kehidupan, lingkungan yang tidak bersih akan berdampak negatif bagi kehidupan misalnya kita mudah terserang penyakit, timbulnya rasa tidak nyaman dsb. Tidak hanya kebersihan lingkungan yang harus diperhatikan melainkan kebersihan jasmani dan kebersihan rohani. Kebersihan jasmani adalah kebersihan tubuh kita yang harus dijaga dengan cara membersihkannya pada saat mandi, merawat tubuh dsb, sedangkan kebersihan rohani adalah kebersihan hati yang dapat dijaga dengan beribadah kepada Allah SWT, serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi seluruh larangan-Nya. Dengan demikian, hidup akan menjadi tentram, nyaman, dan tenang apabila kebersihan lingkungan, kebersihan jasmani dan kebersihan rohani telah terpenuhi. Kebersihan itu tidak hanya diterapkan di sekolah tapi kebersihan itu harus diterapkan dimana saja kita berada.Bagi siapa yang menerapkan hidup bersih dan sehat di lingkungannya, dia akan memiliki sikap kepribadian yang baik karena hidup nya merasa nyaman,tentram dan tenang. Tetapi sebaliknya bagi siapa yang tidak menerapkan hidup bersih dan sehat di lingkungannya, biasanya dia mudah terserang penyakit dan dampak buruk lainnya. Oleh karena itu, orang yang tidak terbiasa dengan hidup bersih dan sehat hidupnya tidak akan bahagia,karena pikirannya tidak pernah tenang dan hidupnya tidak terasa nyaman dan tentram. Kebersihan lingkungan,kebersihan jasmani dan kebersihan rohani sangatlah berkaitan karena apabila salah satu dari kebersihan tersebut tidak dipenuhi akan berakibat fatal. Untuk menjaga kebersihan itu di perlukan kesadaran diri dan pengorbanan yang harus ditempuh. Memang untuk mencapai kebersihan itu sedikit sulit tetapi jika ada kemauan pasti akan terwujud yang namanya kebersihan. Untuk itu, marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan agar hidup terasa nyaman, indah dan terhindar dari penyakit.
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan apabila ada kata-kata yang salah saya minta maaf kepada Allah SWT saya mohon ampun, saya akhiri dengan wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar